APBD Sulbar Rp707 Miliar, Sebagian Anggaran SKPD Dipangkas

SENIN, 03 JANUARI 2011 | 20:07 WITA | 2665 Hits

MAMUJU — Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sulbar senilai Rp707 miliar disahkan, akhir pekan lalu. Pengesahan tepat akhir tahun itu sesuai target DPRD dan Pemprov Sulbar.Ketua DPRD Sulbar, Hamzah Hapati Hasan menyatakan telah ada kesempatan antarbanggar dan eksekutif melakukan rasionalisasi anggaran sebesar Rp14,128 miliar. “Rasionalisasi itu berdasarkan petunjuk Kemendagri yang sebelumnya menganggap banyaknya pagu anggaran yang terlalu tinggi. Item yangdirasionalisasi kita serahkan ke eksekutif untuk mengaturnya,” ujar Hamzah Hapati Hasan, Minggu 2 Januari.

Dia menyatakan keharusan rasionalisasi merupakan petunjuk Kemendagri. Kesepakatan lain yang dicapai di antaranya penambahan PAD (pendapatan asli daerah) sebesar Rp10 miliar.
Kemudian untuk internal DPRD menurut dia, sudah disepakati dilakukan pemangkasan anggaran sebesar Rp1,35 miliar.
Sebagian anggaran yang dipangkas, di antaranya perjalanan dinas, biaya pembuatan pakaian dinas, biaya makan dan minum, serta rasionalisasi anggaran konstituen. Secara umum, jumlah anggaran 2011 sebesar Rp707 miliar lebih atau meningkat dibanding 2010 yang hanya sebesar Rp689 miliar lebih.
Yang menarik lanjutnya, anggaran pelaksanaan pemilihan gubernur (pilgub) 2011 ditetapkan sebesar Rp42 miliar, masih lebih rendah dari pengajuan KPU sebesar Rp57 miliar. “Tapi anggaran ini bersifat fleksibel atau masih bisa mengalami perubahan sesuai kebutuhan dalam penyelenggaraan pilgub nanti,” tandasnya.
Di tempat terpisah, Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh meminta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menyalurkan seluruh anggaran yang disepakati demi kepentingan masyarakat. Dia meminta jajaran pemprov mengurangi perjalanan dinas, namun memperbanyak perjalanan dalam daerah untuk melihat dan memantau langsung pelaksanaan program kerja di seluruh Sulbar. (nur)

Sumber : Harian Fajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s