Anwar Adnan Saleh terpilih jadi Ketua BKPRS

Posting: 23-11-2010

Pertemuan Forum Gubernur se Sulawesi di Mamuju sepertinya kurang greget. Selain tidak dihadiri para menteri yang diundang, rekomendasi yang dihasilkan juga datar-datar saja.

Pertemuan gubernur lewat Forum Badan Koordinasi Pembangunan Regional se Sulawesi (BKPRS) di ibu kota Provinsi Sulbar yang berakhir Minggu kemarin itu menghasilkan tujuh rekomendasi. Salah satunya akses percepatan rancangan tata ruang wilayah (RTRW) di Sulawesi.

Rekomendasi itu ditandatangani empat gubernur se Sulawesi yang menghadiri forum strategis tersebut. Mereka adalah Gubernur Sulbar, H Anwar Adnan Saleh, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Tenggara, H Nur Alam, dan Gubernur Sulteng, HB Paliudju.

Ketujuh rekomendasi itu sebenarnya merupakan rekomendasi awal yang belum ditindaklanjuti secara maksimal di antaranya memprioritaskan sinergi pusat dan daerah, memaksimalkan potensi yang ada di Sulawesi dan akses pasar komoditas unggulan Sulawesi serta mendorong percepatan pembangunan Sulawesi.

Peningkatan promosi potensi sumber daya alam dan pariwisata juga disepakati dalam pertemuan itu. Rekomendasi lainnya adalah dukungan regulasi kelembagaan dalam rangka pencapaian MDG’s 2015 dan mendorong pembentukan dan pengembangan KEK dan KAPET dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi Sulawesi.

Sebelumnya, Steering Committee Musyawarah Sulawesi VI, Prof Dr Aminuddin Ilmar menyampaikan hasil rekomendasi ini akan mengangkat potensi Sulawesi secara umum, bukan hanya pada kawasan tertantu saja.

“Contohnya kita tidak hanya bicara soal jagung Gorontalo atau kakao Sulbar, tapi kita petakan dan membuat desain produk unggulan tapi tetap dengan nama jagung Sulawesi atau kakao Sulawesi,” tutur Aminuddin.

Sayangnya gelaran Musyawarah VI BKPRS ini tidak sesuai ekspektasi Pemprov Sulbar sebelumnya. Pasalnya sejumlah menteri yang semula menyatakan siap hadir membatalkan kehadirannya di Mamuju. Di antaranya Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri dan Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.

“Walau demikian, sejumlah menteri yang tidak hadir itu tetap diwakili masing-masing Direktorat Jenderal di Kementeriannya,” sebut Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh.
Selain membahas upaya percepatan pembangunan region Sulawesi, agenda Muswil VI BKPRS kali ini juga memilih Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh sebagai ketua BKPRS periode 2010-2012. : Sumber Berita Harian Fajar (nur)

Sumber :

Komentar ditutup.