PT Bukaka Bangun PLTA Mamuju

Bukaka berkomitmen melibatkan putra lokal dalam pengerjaan infrastruktur yang dilakukannya. Tidak terkecuali pada pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mamuju yang
direncanakan mulai dibangun 2011 mendatang.

Bahkan tidak hanya pelibatan putra daerah, perusahaan itu juga siap memberi pelatihan dasar bagi pemuda, khususnya dari Kecamatan Kalumpang. “Kami siap gunakan tenaga lokal dengan persentase hingga 50 persen. Kami juga memberi pelatihan, minimal enam bulan bagi teknisi las atau tenaga lain. Sebagai catatan seluruh tenaga ahli kita merupakan putra tanah air,” ujar pemilik Kalla Group, HM Jusuf Kalla di Hotel d’Mamuju, Rabu 24 November.

Praktik seperti itu lanjutnya, telah diterapkan PT Bukaka dalam pembangunan tiga PLTA sebelumnya. Ketiga PLTA dimaksud masing-masing PLTA Mappung di Kabupaten Gowa Sulsel dengan kemampuan pasokan listrik satu kecamatan, selanjutnya PLTA Parlilitan di Sumatera Barat (Sumbar) dengan daya 10 MW, dan terakhir masih dalam pembangunan PLTA Poso dengan daya 3 x 65 MW.

“Khusus PLTA Poso sama dengan kemampuan PLTA Jatiluhur yang sudah beroperasi. Di sini kita mempekejakan 2.000 orang yang keseluruhannya merupakan tenaga lokal,” ungkapnya.

Selain pelibatan putra lokal, JK juga menyatakan komitmennya hanya menggunakan pembiayaan dari beberapa perbankan tanah air. Pemberdayaan potensi lokal menurut dia, merupakan bukti jika putra nasional sudah bisa berkiprah di tanah air dan tidak mesti bergantung pada tenaga dan lembaga asing.

Perwakilan PT Bukaka, Ahmad Kalla menjelaskan, PLTA Mamuju rencananya dibangun dalam tiga tahap bakal. Tergantung kebutuhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar masing-masing tahap pertama 2 x 12,5 MW, tahap kedua 1 x 25 MW, dan tahap ketiga dengan kekuatan 3 x 150 MW atau disesuaikan dengan kebutuhan selanjutnya. “Kita siap maksimalkan potensi lokal,” janjinya. Sumber berita : Fajar Online(nur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s