Grand Design Pemekaran Daerah Rampung

Tuesday, 09 February 2010

“Grand design sudah kami kerjakan semua. Bahkan, sudah kami cetak,” kata Mendagri Gamawan Fauzi di kantor Kemendagri kemarin (5/2). Namun, kata Gamawan, grand design itu masih perlu uji publik. Kemendagri akan membicarakan grand design itu dengan para pakar dan publik apakah itu sudah dianggap baik atau tidak.

Menurut dia, grand design yang berisi tentang konsep ideal jumlah dan pengelolaan daerah-daerah di Indonesia itu tetap akan difinalkan pada Juni tahun ini. “Road show untuk uji publiknya saja yang agak panjang,” katanya.

Grand design itu, kata Gamawan, akan menjadi bahan pertimbangan evaluasi daerah pemekaran. Sebab, dengan grand design tersebut Kemendagri akan mampu memahami posisi daerah saat ini. “Sehingga, kami bisa mempertimbangkan, faktor-faktor permasalahan daerah pemekaran itu apa saja,” katanya.

Seperti diwartakan, pemerintah mengevaluasi besar-besaran daerah pemekaran. Sebab, banyak daerah pemekaran yang tak sukses menjalankan pemerintahannya. Bahkan, sejumlah daerah tak memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal, tujuan utama pembentukan daerah pemekaran adalah menyejahterakan masyarakatnya.

Anehnya, daerah yang ingin berdiri sendiri terus bermunculan. Banyak yang menilai, pemekaran daerah hanya menguntungkan kalangan elit. Sebab, para pejabat daerah tersebut berebut mendapat jatah operasional daerah yang dijatah pusat

Daerah pemekaran yang terbukti tak sukses, bakal dihapus. Mereka akan diminta untuk kembali ke daerah induk. Penghapusan itu didasarkan pada hasil evaluasi pemekaran daerah yang ditarget rampung Maret tahun ini dan grand design pembentukan daerah.(aga/agm)
(scorpions)

Sumber : http//www.Depdagri.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s